Jumat, 01 Maret 2019

Review Monster Hunter: World


Setelah sebelumnya terlihat mengecewakan, Capcom akhirnya merilis pada 9 Agustus 2018 untuk kesuksesan game "Monster Hunter-World" pada platform PC. Versi PC game ini dapat diperoleh di platform Steam atau Microsoft Store, dengan kualitas grafis setara yang bisa lebih baik daripada konsol PS4 atau Xbox One, tentu saja jika komponen PC anda dapat menjalankan game ini di kualitas ultra.

Lama tidak seperti versi konsolnya, Monster Hunter-World PC masih memikat penggemar game aksi RPG yang ingin menghabiskan waktu menyelesaikan lusinan pencarian untuk berburu monster di benua baru.

Jujur saja, tradisi gim Monster Hunter sebagai gim franchise agak membingungkan bagi mereka yang belum mengikuti seri ini sejak awal, tetapi anda tidak harus memainkan seri dari awal untuk memahami gamenya. Inti dari plot Monster Hunter, terutama dalam seri ini.

Sejauh yang saya mainkan, Monster Hunter-World tidak ada bedanya dengan versi konsol sebelumnya, terutama dalam hal konten. Game dasar ini dihargai Rp 499.000. Anda bisa mendapatkan kit mewah dengan menambahkan Rp 19.000. Kit mewah ini adalah item dalam game yang mencakup kostum Samurai berikut dengan gerakan, stiker, melukis untuk wajah dan gaya rambut Samurai.

Mengenai Performanya
Ketika Game onster Hunter: World di uji pada notebook Acer Predator Helios 300, dengan prosesor Intel Core i7 generasi ke-8 ditambah dengan prosesor grafis Nvidia GTX 1060 4GB, layar 1080p HD penuh. Hasil kinerja game sangat nyaman, stabil pada 60 FPS bahkan jika ada beberapa kendala dengan FPS diblokir, yang bisa jadi efek portage yang kurang dioptimalkan daripada versi konsol sebelumnya.

Harap dicatat bahwa versi Monster Hunter: World PC ini dilapisi oleh Denuvo Anti-Tamper, yang membatasi jumlah instalasi 5 kali (pada mesin yang berbeda) dalam 1 hari.

Mekanisme Monster Hunter-World
Monster Hunter-World akan membawa anda ke dunia berbahaya yang penuh dengan monster, dengan latar di mana sebuah benua tempat anda, sebagai bagian dari Armada Kelima, memburu keberadaan monster raksasa bernama Zorah Magdaros, untuk dihancurkan.

Anda bertindak sebagai pemburu monster ahli, dengan berbagai senjata yang secara fungsional dibagi menjadi 2 kategori, yaitu jarak dekat dan jangkauan. Untuk senjata tipe jarak dekat, jelas bahwa anda harus pandai menggunakan senjata tajam yang dalam game ini memiliki ukuran abnormal, hampir dua kali ukuran tubuh dari karakter anda.

Senjata jarak dekat dibagi menjadi beberapa kategori, ada yang fokus pada kekuatan, kecepatan dan beberapa menawarkan keseimbangan antara keduanya, sehingga mereka dapat dipilih sesuai dengan kesesuaian masing-masing pemain. Sementara senjata jarak jauh terdiri dari deretan senjata api yang membutuhkan peluru dari proses pembuatan, ini membutuhkan bahan baku yang harus anda gunakan sepanjang permainan.

Navigasi
Monster Hunter-World mengadopsi sistem dunia terbuka dengan banyak peta untuk dijelajahi. Saat permainan berlanjut, Anda akan membuka banyak folder di lingkungan yang berbeda, seperti hutan, gurun, dan sebagainya.

Proses berburu monster dalam game ini dibantu oleh Scoutflies, yang akan memberikan informasi tentang lokasi monster yang dicari setelah instruksi dikumpulkan. Instruksi yang diperlukan untuk Scoutflies adalah jejak kaki dengan air liur monster.

Kesimpulan
Kompleksitas Monster Hunter-World terletak pada pencarian utama dan sekunder yang dapat Anda mainkan sendiri atau dalam banyak pemain, berkat fitur Gathering Hub yang dapat mengundang hingga 4 orang dalam sebuah pencarian. Anda dapat menyelesaikan satu permainan, tetapi ukuran dan tingkat kesulitan monster akan meningkat saat permainan berlanjut.

Game ini sangat cocok untuk mereka yang suka berlama-lama bermain dengan teman sekelasnya Skyrim, Dark Souls dan game sejenis lainnya. Dan, anda harus menyiapkan pengontrol agar kombo anda lebih maksimal.